Keuntungan dan Kerugian E-Commerce.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Nah sekarang kita akan mencoba untuk membahas tentang Sifat dan Hukum E-commerce..
Sifat dan karakteristik e-commerce
Keuntungan E-Commerce:
Bagi konsumen
Secara teknis.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Nah sekarang kita akan mencoba untuk membahas tentang Sifat dan Hukum E-commerce..
Sifat dan karakteristik e-commerce
- Transparan dan simultan
- Interaktif
- Cepat
- Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
- Adanya pertukaran banrang, jas dan informasi
- Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut
- Transaksi tanpa batas
- Transaksi Anonim
- Produk digital dan non - digital
- Produk barang tak berwujud
Keuntungan E-Commerce:
Bagi konsumen
- E-commerce memunkinkan para konsumen untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya selama 24 jam untuk seluruh lokasi di seluruh dunia.
- E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dalam bertransaksi.
- E-commerce umumnya menawarkan barang atau jas dengan harga yang relative lebih murah.
- Di dalam sector jas, pengiriman produk lebih cepat.
- Konsumen dapat bertukar informasi dengan para konsumen lain secara interaksi.
- E-commerce memunkinkan sebagian orang untuk bekerja di rumah mereka.
- E-commerce memungkinkan para pedagang untuk menjual suatu produk/jasa dengan harga yang lebih murah sehingga setiap kalangan dapat membeli produk/jasa tersebut.
- E-commerce dapat menjangkau konsumen yang berada di daerah terpencil
Secara teknis.
- Kurang terjaminnya keamanan dan relibilitas system termasuk keamanan dan reabilitas standard an protocol komunikasi.
- Kurang memadainya infrastruktur dan bandwith telekomunikasi
- Bagi vendor memerlukan web server dan ifrastruktur lainnya dan server jaringan.
- Masih adanya beberapa permaalahan hokum yang belum terpecahkan, sedangkan peraturan perundangan yang dibuat oleh pemerintah Negara-negara cenderung belum sempurna untuk dapat menjangkau beberapa permasalahan seperti terjadinya sengketa dalam perdagangan elektronik yang bersifat lintas batas.
- Keamanan dan privasi dalam perdagangan elektronik dapat merugikan pihak konsumen terutama dalam akses informasi pribadi konsumen.